Bagaimana Cara Melihat Konsumsi Listrik semua Komponen Komputer


Cara mengetahui pemakaian listrik untuk perangkat komputer bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hal ini bisa dilakukan dengan alat yang bernama Energy power meter /  watt meter. Selain menggunakan alat, terdapat juga aplikasi windows yang bisa mengecek daya yang dikonsumsi oleh komputer itu sendiri.

Komputer terdiri dari beberapa komponen. Masing-masing komponen tersebut memiliki daya yang berbeda. Misalnya untuk komputer standar yang biasanya cuma digunakan untuk mengetik sangat berbeda dengan komputer gaming yang memiliki komponen yang lebih banyak. Dalam hal ini mestinya komputer gaming membutuhkan daya yang lebih banyak daripada komputer standar.
Untuk itu dalam tulisan kali ini akan saya ulas bagaimana cara mengetahui daya listrik untuk komponen komputer.

Berikut cara mengetahui daya listrik yang dibutuhkan komponen komputer.

  1. Pertama download lalu install Local Cooling.
  2. Setelah selesai silakan buka aplikasinya.
  3. Klik Settings di pojok kiri bawah.
  4. Klik tab my power.

Pada tab my power terlihat daya yang dibutuhkan dari berbagai komponen komputer kalian. Daya paling bawah yang berwarna hijau itu merupakan perkiraan total daya yang dipakai komputer tersebut. Pada gambar, komputer saya hanya menggunakan daya sekitar 110 watt.
Daya yang saya miliki masih sangat cukup untuk disupplai oleh PSU saya karena PSU saya memiliki kapasitas 450 watt.

Resiko apabila daya PSU kurang

Apabila daya PSU kalian lebih kecil daripada kebutuhan daya untuk komponen komputer, maka akan mengakibatkan  beberapa masalah pada komputer kalian. Namun biasanya komponen yang rusak lebih dulu adalah PSU, dimana PSU ini akan mengakibatkan komponen lainnya juga terkena dampaknya. Seperti kerusakan pada motherboard, bad sector pada harddrive, fan yang melambat, juga bisa merusak komponen VGA.

Itulah mengapa kalian harus menggunakan PSU yang terbukti kualitasnya serta memiliki tingat efisiensi daya yang tinggi (umumnya dilabeli dengan minimal 80+ bronze).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Melihat Konsumsi Listrik semua Komponen Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel